Apa Itu Phising ? Berikut Pengertian Web Phising dan Cara Menghindarinya

Halooo Sobat, Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik – baik aja ya....Hehehe....
Balik lagi nih bersama saya, Mungkin masih banyak yang Nggak tau tentang ya tentang Phising . Jadi, Banyak yang terjebak ke dalam phising, Alhasil akun Mereka ataupun identitas pribadi Mereka kena Hack ataupun Terlihat oleh orang lain yaitu diketahui oleh seorang phisinger. Disini kita akan mengulas kembali tentang seputar phising guys, agar kalian tidak terjebak lagi dengan Situs – Situs Palsu yang beredar di sosial media. Hehehe..... J
Jujur ya, dulu saya juga pernah kejebak Phising. Saya ingat pertama kali saya kena phising itu pas ada  orang yang membagikan link pulsa dan kuota gratis. Nah, saat itu Saya ikut tergiur. Wkwkwkww......, Akhirnya saya ikut mencoba deh, Saya buka link yang dia bagikan. Tampilannya Memang meyakinkan buat yang belum paham tenang phising. Saat itu di minta login akun facebook. Kemudian saya masukkan dah tu akun Facebook ane, Email/Nope beserta kata sandinya. Setelah saya masukin Email dan Kata sandi saya, Saya mikir, kok pulsanya kagak masuk – masuk ya ? ( TERJEBAK :V ) . Setelah beberapa hari, Eehh ada yang bajak FB saya... Kirain pacar saya , tapi Kan gw kagak punya PACAR. Wkwkwkw....
Ternyata itu si phisinger yang berhasil meretas akun facebook saya. Itu aja sih pengalaman yang saya alami. Akhirnya saya pelajari lagi tentang dunia phising. Pada akhirnya gw Bisa Bikin Phising sendiri dah Tapi Saya Cuma sekedar belajar, tidak untuk meretas Identitas Orang lain..:V

A.  PENGERTIAN PHISING
            Phising / Web Phising adalah sebuah situs palsu yang bertujuan untuk mengelabui korban untuk masuk kedalam jebakan dan mencuri identitas korban. Phising berasal dari kata “FISHING” Yaitu berarti Memancing. Ketika orang lain masuk kedalam situs palsu tersebut, Maka seorang phisinger dapat mengetahui identitas mereka seperti Email dan kata sandi yang bersifat pribadi. Apa itu phisinger ? Phisinger adalah seorang yang menyebarkan link / situs phising.


B. JENIS – JENIS PHISING
Yang Sering terjadi saat ini adalah Banyak seorang phisinger dari media sosial, yaitu peretas akun Sosmed dan Game. Jika Kalian Tau tentang dunia Jual Beli game di sosmed ( Terutama Facebook ) Kalian akan melihat banyak Situs-Situs ataupun link-link phising yang Yang bertebaran di grub. Banyak orang yang terjebak dan Pada akhirnya akun game mereka pun hilang.

 1. Phising Game Online.
            Saat ini kan banyak orang yang minat bermain game, seorang phisinger pun memanfaatkan situasi untuk mengambil akun game orang lain.  Contohnya game Mobile Legends yang saat ini terkenal dikalangan anak-anak muda. Tampilan Web phising Mobile Legends ini adalah dengan iming – iming Skin Gratis dan Diamond Gratis. Di dalam situs tersebut, diminta untuk memasukkan Beberapa data. Ketika Orang lain masuk dan menulis Email dan kata sandi mereka seperti Akun Moonton, Facebook, Gmail, dan VK. Jika kalian tidak cepat-cepat mengganti Kata sandi kalian. Alhasil seorang phisinger mendapatkan akun Kalian.
Ini adalalah contoh tampilan Phising Game Online.


2. Phising Media Sosial
            Sama seperti phising Game Online, yang membedakannya Cuma dari segi tampilan saja. Kalau Phising media sosial tampilannya menyerupai media sosial aslinya. Contohnya seperti website phising Facebook. Bisa menyerupai web Autolike ( Like status Otomatis ). Jadi, disitu akan disuruh Login menggunakan Akun Facebook dengan memasukkan Email/Nope dan kata sandi. Ada juga tampilan lainnya seperti tampilan join Grub WhatsApp, Tampilan Pulsa & Kuota Gratis, Tampilan Join Grub B*kep, Dll.
Ini adalah contoh tampilan Phising  Sosmed.




C. CARA MENGETAHUI DAN MENGHINDARI SITUS PALSU ( PHISING )
            Caranya sangat mudah untuk mengetahui apakah itu situs asli resmi atau phising. Kalian cukup mengisi akun asal-asalan saja di kolom yang diminta. Jika login gagal, maka situs itu kemungkinan asli. Dan jika Kalian masukkan akun sembarang / asal-asalan dan berhasil login, Kemungkinan besar itu adalah web / situs phising alias palsu.
Jadi lebih berhati-hatilah dalam memasukkan identitas kalian kedalam situs-situs yang orang bagikan.

Sekian dulu ya pembahasan tentang seputar phising, semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan jika kalian sudah membaca artikel ini , jangan sampai terjebak lagi kedalam situs palsu tersebut. Jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah. Oke sekian terima kasih, Wassalam..............

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Phising ? Berikut Pengertian Web Phising dan Cara Menghindarinya"

Posting Komentar

Hubungi Kami